28 Oktober 2017

Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan bangsa karena Indonesia memiliki bahasanya sendiri. Tidak semua negara memiliki bahasa yang mampu mencangkup seluruh wilayahnya dan dihargai oleh rakyatnya. Bahasa Indonesia mampu menyetukan berbagai suku di Indonesia dan mengatasi perbedaan yang ada di antara bangsa Indonesia. Ini merupakan kebanggan yang mendalam di hati bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Indentitas suatu bangsa dapat dilihat dai bahasa yang digunakan secara luas oleh bangsa tersebut. Sebagai bangsa yang terdiri dari suku yang berbeda, bahasa Indonesia dapat mengidentikkan negara Indonesia. Bahasa Indonesia dapat mampu menyelesaikan permasalahan yang melibatkan antarsuku sehingga perpecahan dapat dihindari.

Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa. Setiap suku bangsa Indonesia. Setiap suku memiliki bahasanya sendiri, bahasa tersebut ada yang memiliki kekesamaan dan perbadaan diantaranya, Bahasa Indonesia sebagai penghubung diantaranya agar mampu berkomunikasi dengan baik.

Bahasa Indonesia adalah penghubung antardaerah, Bahasa Indonesia menunjukan kemampuan menghubungkan semua suku ada Indonesia dan bahasa yang dimengerti oleh semua suku dan membentuk kesamaan sikap untuk memandang Indonesia sebagai suatu bangsa.

Selain itu bahasa Indonesia juga memiliki kedudukan secara Internasional. Bahasa Indoesia resmi di jadikan bahasa ASEAN di era MEA (masyarakat ekonomi ASEAN) dan tercatat ada 52 negara asing mengadakan program pembelajaran Bahasa Indonesia di instansi pendidikannya seperti universitas. Mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri juga mampu memperkenalan bahasa Indonesia di secara global.

Refensi Buku
Bahasa Indonesia Vocatif untuk Industri Kreatif (Polimedia Publishing)

Tidak ada komentar: