27 Oktober 2017

Soal dan Jawaban Tentang Sistem Informasi

1. Jelaskan mengenai teknologi dan perkembangieiannys!
  • Teknologi merupakan alat yang diciptakan manusia untuk mempermudah kehidupan. Teknologi muncul karena manusia ingin memiliki kehidupan yang lebih baik, tuntutan manusia meningkat maka teknologi semakin berkembang.
  • Teknologi benrkembang dalam 3 fase, yaitu revolusi pertanian, terjadinya bercocok tanam pada masa ini. Revolusi industri, mulai ada tenaga pengganti manusia. Revolusi informasi banyaknya teknologi pengganti tenaga manusia.

2. Jelaskan tentang sistem!
  • Sistem adalah komponen-komponen yang berinteraksi untuk menapai tujuan tertentu. sistem juga merupakan suatu jaringan kerja yang prosedut-prosedurnya saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan untuk menyelesaikan sesuatu.


3. Apa yang Anda ketahui tentang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi?
  • Sitem Informasi merupakan kombinasi dalam prosedur kerja, informasi, orang yang ahli, dan teknologi yang memunyai satu tujuan tertentu dalam organusasi.
  • Teknologi Informasi merupakan peralatan elektronika, terutama komputeruntuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi, dan juga mencakup perangkat lunak untuk melaksaakan sejumlah tugas pemrosesan data.

4. Apa itu data? Jelaskan dan berikan contoh pada bidang penerbitan!
  • Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian kejadian dan kestuan nyata, data juga merupakan respretasi dari suatu fakta ysng dimodelkan dalam bentuk simbol, gambar, angka dan huruf, data harus disertakan kejadian nyata. Contoh dalam bidang penerbitan yaitu knowledge (pengetahuan), pengetahuan didasari dari fakta yang kita dapat dari buku atau sumber pengetahua, seorang penulis sangat membutuhkan fakta apabila tulisan yang dibuatnya bersifat biografis.

5. Mengapa Investasi diperlukan pada Teknologi Informasi dibutuhkan?
  • Adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan mempertahankan posisi kompetitif.
  • Mengurangi biaya operasional.
  • Meningkatkan fleksibilitas dan tanggapan.


6. Apa itu Informasi? Jelaskan dan berikan contoh dibidang penerbitan!
  • Informasi merupakan data yang telah diproses/diolah kedalam bentuk lain sehingga memiliki arti bagi pengguna untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh dalam bidang penerbitan yaitu informasi sangat penting untuk seorang penulis, penulis harus mencari sebanyak banyaknya informasi demi mendapatkan tulisan yang baik,benar sesuai fakta, dan informasi yang berkualitas akan membuat seorang penulis tepat waktu dalam pengerjaan naskahnya.


7. Apa saja kemampuan dan peranan sistem informasi?
  • Kemampuan sistem informasi antara lain: a) Mampu melaksanakan komputasi numerik bervolume besar dengan kecepatan tinggi. b) Menyediakan komunikasi dalam organisasi/antarorganisasi yang murah, akurat, dan cepat. c) Menyiapkan informasi dalam jumlah yang sangat besar. d) Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semi otomatis dan tugas tugas yang dikerjakan secara manual.
  • Peraanan sistem informasi: a) Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas. b) Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam sebuah sub sistem. c) Mengkoordinasikan subsistem-subsistem. d) Mengintegrasikan subsistem-subsistem.

8. Bagaimana peranan dari implementasi teknologi informasi pada industri penerbitan? Jelaskan!
  • Peranan teknologi informasi pada inudtri penerbitan antara lain mempermudan pencarian informasi secara serentak dan pada tempat yang berbeda, dalam industri penerbitan pencarian informasi sangat perlu, apalagi dibutuhkan dengan waktu yang cepat agar tulisan yang dibjat masih fresh dan up to date, disinilah peranan TI sangat bermanfaat karena pencarian informasi mudah diakses dengan komputer yang disambungi jaringan internet. juga bisa mengetahui perkembangan pasar tentang buku apa saja yang sedang dicari masyarakat.


9. Apa yang dimaksud dengan organisasi PDE/EDP?
  • PDE(Pengolah Data Elektonik) merupakan salah satu bagian dari struktur organisasi yang berisikan Sumber Daya Manusia sebagai penggeraknya, dan merupakan bagian pengelola sistem informasi organisasi pengelola data elektronik. Orang yang berada di bagian PDE disebut dengan profesional IT.

10. Implementasi/penerapan organisasi PDE pada organisasi di dalam industri penerbitan dan percetakan!
  • Informasi yang terdiri dari data yang telah diambil kembali, diolah, atau sebaliknya digunakan untuk tujuan informasi atau kesimpulan, argumentasi, atau sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.


Tidak ada komentar: