30 September 2017

Profile Penerbit Salemba




           Secara resmi, Penerbit Salemba didirikan pada 14 Maret 1983. Namun demikian, sejarah awal Penerbit Salemba dapat ditelusuri dari idealisme Pustaka Salemba yang didirikan oleh empat orang alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) yang pada 1979 berada di Jln. Salemba No. 4 Jakarta Pusat. Keempat alumni tersebut adalah Sofyan Ashori, (Alm.) Abdul Muthalib, Hotbonar Sinaga, dan Amir Abadi Jusuf. Dalam perkembangan selanjutnya, Pustaka Salemba berubah menjadi Firma Salemba dan akhirnya menjadi Penerbit Salemba Empat.

            Awalnya Penerbit Salemba menerbitkan buku-buku akuntansi bagi pelajar setingkat SMU, lalu bergerak ke arah buku-buku perguruan tinggi, terutama buku teks yang dibutuhkan oleh mahasiswa fakultas ekonomi. Hal ini menjadi tonggak sejarah bagi dimulainya sebuah penerbitan yang lebih profesional karena dunia ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, dan perkembangan ilmu pengetahuan tersebut sulit dipisahkan dari keberadaan buku. Sejalan dengan pertumbuhan perusahaan, Penerbit Salemba melebarkan jangkauannya untuk menerbitkan buku non-ekonomi hingga menjadi enam brand (imprint) berikut:

1.    Salemba Empat (Akuntansi, Keuangan, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Perpajakan, Profesional dan Umum)
2.    Salemba Teknika (Sains, Eksakta)
3.    Salemba Infotek (Ilmu Komputer, Teknologi Informasi)
4.    Salemba Medika (Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan)
5.    Salemba Humanika (Psikologi, Sosiologi, Budaya, Komunikasi, Hukum)
6.    Salemba Diniyah (Keagamaan)

Visi:
Mencerdaskan bangsa melalui buku-buku bermutu.
Misi:
Menjadi yang terkemuka dan terdepan dalam setiap bidang penerbitan yang dipilih.

           
Cabang Penerbit Salemba sampai saat ini sudah ada di Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Makassar. Salain itu Penerbit Salemba juga memiliki anak perusahaan yaitu:
1.    Rumponpin (www.rumponpin.com), dengan selogan “Your Partner in Digital Life Style. Simply Read E-Book”,  web ini dibuat pada tahun 2013 untuk menyediakan buku-buku terbitan Pernerbit Salemba dalam bentuk buku digital (ebook). Untuk mempermudah masyarakat dalam mengaksesnya, mereka juga membuat dalam bentuk aplikasi untuk ponsel cerdas.
2.    Salemba e-Commerce (www.penerbitsalemba.com), sebuah situs yang dibuat pada tahun 2015 ini guna mempermudah  pembeli untuk membeli buku-buku terbitan Penerbit Salemba secara online, dan di situs ini pencita buku juga ditawari buku-buku dengan potongan harga.


Sumber:

Tidak ada komentar: