14 Oktober 2017

Cerita Rakyat Nusantara Untuk Pengembangan Karakter Anak

                Buku adalah jendela dunia. Banyak informasi dan pengetahuan yang kita dapatkan dari membaca buku. Buku adalah sumber kegembiraan untuk semua usia mulai dari anak usia dini sampai dengan usia lanjut.

                Tak dapat dipungkiri bahwah di era sekarang ini banyak orang tua yang terlalu cepat memperkenalkan gadget kepada anaknya tanpa pengawasan, dengan alasan sibuk hingga tidak sempat untuk mengawasinya. Pemikiran orang tua yang menganggap bahwa kegiatan membaca buku itu hal yang membosankan, namun di sisi lain mereka menginginkan anaknya terbiasa dan gemar membaca buku.  Dalam hal ini anak akan terbiasa dengan gadget dan buku hanyalah suatu tidak penting baginya.




                Membacakan buku untuk anak-anak usia dini sangatlah penting. Anak akan terbiasa melihat buku sebagai sumber informasi yang menarik dan menyenangkan, kalak ia akan terbiasa dan siap untuk membaca buku apapun, selain itu akan ada inetraksi kehangatan antara anak dengan orang tuanya, bahkan kita bisa memperkanalkan dongeng-dongeng atau cerita rakyat kepada sang buah hati. Selain itu juga dapat membangun nilai karakter anak. Berikut ini adalah cerita rakyat Nusantara yang terpopuler dan amanat yang terkandung:

1.   Asal Mula Danau Toba (Sumatera Utara)
                Apa amanat yang terkandung dalam cerita rakyat asal Sumatera ini? Kisah Pak Toba ini diceritakan turun menurun dari mulut kemulut sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Legenda Danau Toba ini membawakan pesan atau amanat tentang harus menepati janji, selalu mengormati orang tua, dapat memaakan kesalahan orang lain, dan meyakini bahwa setiap kejadian pasti ada hikmahnya.

2.   Malin Kundang (Sumatera Barat)
                Legenda Malin Kundang memang begitu populer hingga dijadikan sebagai cerita panutan lintas generasi. Dengan adanya legenda ini, setidaknya ada nilai-nilai yang terkandung dalam cerita ini. Nilai yang paling dominan adalah larangan untuk selalu berbakti dan tidak durhaka kepada orang tua, selain itu jangan menjadi orang yang sombong dan tidak mengingkari kondisi, dalam arti kita harus mengakui apapun yang ada di dalam kehidupan kita, janganlah hanya karena kondisi tersebut bertolak belakang antara kondisi yang terdahulu dan sekerang, lantas kita menolak buat mengakui bahwa itulah kondisi sebelum kita seperti sekarang ini.

3.   Si Pitung (DKI Jakarta)
                Cerita rakyat yang berasal dari Ibu Kota Jakarta ini termasuk cerita yang populer tidak hanya di kota asalnya tetapi juga di daerah-daerah lain di Nusantara. Dalam cerita ini amanat yang terkandung berupa nilai sosial, moral, dan keagamaan. Nilai sosial yang terkandung adalah sebagai makhluk sosial kita haruslah saling bantu, membantu rakyat kecil adalah salah satu yang diceritakan dalam legenda ini. Nilai moral untuk mencapai tujuan yang baik haruslah dengan cara yang baik pula, tidak dengan seenaknya mengambil hak orang lain. Selain itu, nilai keagamaan yang dapat di pelajari bahwa kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan haruslah selalu mengingat Sang Pencipta, yakin bahwa cobaan atau musibah yang datang adalah dari Tuhan yang bertujuan untuk lebih mdendekatkan diri dan selalu meminta pertolongan kepada-Nya.

4.   Legenda Tangkuban Perahu (Jawa Barat)
                Legenda yang juga dikenal dengan cerita rakyat Sangkuriang ini adalah cerita rakyat yang populer di Nusantara lantaran cerita ini memiliki nilai-nilai yang dapat dipelajari yang kerja keras, untuk mendapatkan yang kita inginkan haruslah kita berusaha dengan sebaik mungkin dan tidak lupa meminta pertolongan kepada Yang Maha Kuasa, serta harus saling menyayangi dan mengasih antara sesama manusia.

5.   Joko Kendil (Jawa Tengah)
                Cerita rakyat ini memberikan banyak amanat bagi pembaca atau pendengar cerita rakyat ini, amanat  yang paling kuat adalah kita tidak bolah menilai seseorang hanya dari fisiknya saja. Selain itu kita tidak boleh pasrah atau menyerah dengan keadaan yang kita alami, kita harus berusaha untuk mencapai kehidupan yang lebih baik namun dengan cara yang baik pula.

6.   Bawang Merah dan Bawang Putih (Jawa Tengah)
                Cerita rakyat ini menjadi cerita menjelang tidur yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Cerita yang mengisahkan du orang gadis kakak beradik tiri yang memiliki sifat yang bertolak belakang. Sifat ini makin menegmuka dengan perlakuan ibu tiri yang bersikap tak adil dan pilih kasih. Dalam kisah ini amanat yang terkandung adalah janganlahmenilai orang lain hanya dari latar belakangnya, selain itu tidak mementingkan dirinya sendiri atau hanya orang tertentu (serakah) dan harus saling tolong menolong.

7.   Candi Prambanan (Daerah Istimewa Yogyakarta)
                Cerita rakyat memang banyak memberikan pembelajaran salah satu cerita dari Yogyakarta ini. Dalam cerita rakyat ini menberikan pesan bahawa sebagai manusia hendaklah berbuat baik dan menghindari perbuatan yang buruk, hal ini dikarenakan setiap perbuatan baik atau buruk pasti akan mendapat balasannya. Jadilah orang yang jujur, karena orang-orang yang sebelumnya percaya kepada kita nantinya akan tidak percaya kepada kita kembali jika terlalu sering berbohong. Selain itu, kita harus memiliki kesabaran yang besar dan selalu berpikir matang sebelum mengambil keputusan.

8.   Manik Angkeran (Bali)
                Cerita rakyat Bali Manik Angkeran adalah cerita rakyat sering dihubungkan dengan sejarah selat Bali. Konon jaman dahulu kala Pulau Bali dan Pulau Jawa merupakan pulau yang bersatu, namun karena kejadian yang luar biasa yang melibatkan kesaktian tingkat tinggi akhirnya kedua pulau tersebut terpisah. Selulu mengindari perbuatan buruk seperti berjudi yang dicontohkan dalam cerita rakyat ini. Mematuhi perintah orang tua ataupun yang orang lain yangmengajak kepada kebaikan, serta segeralah bertaubat sebelum waktunya terlambat.

9.   Putri Mandalika (Nusa Tenggara Barat)
                Cerita yang sering juga disebut dengan Legenda Putri Nyale ini memberi amanat dalam ceritanya tentang diharuskannya memikirkan secara matang sebelum mengambil sebuah keputusan, memikirkan hal yang baik dan buruknya dari pengambilan keputusan tersebut. Selain itu, untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan haruslah dengan cara yang baik pula, tidak dengan cara yang merugikan banyak orang.

10.  Caadara Sang Pemberani (Papua Barat)
                Cerita rakyat yang terkenal dari Indonesia bagian Papua Barat ini memberikan pesan bahwa untuk mencapai suatu tujuan harus dengan kerja keras dan sungguh-sungguh dalam melalui segala prosesnya, serta selalu bersikap berani dalam mengahadapi setiap masalah.



                Ada banyak sekali buku-buku anak yang berteamakan cerita rakyat salah  satunya adalah buku yang berjudul Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler Sepanjang Masa terbitan Cikal Aksara adalah salah satu buku yang menyajikan 20 cerita rakyat termasuk cerita-cerita rakyat diatas, serta  dengan alur mudah dipahami. Dengan tampilan yang penuh warna serta gambar ilustrasi untuk memperjelas cerita yang ada didalamya sangat membantu anak untuk mengembangkan imajinasinya dalam membayangkan suatu peristiwa. Selain itu ada bonus poster peta Indonesia dan video dongeng online-nya juga

Tidak ada komentar: