21 Oktober 2017

Stop Cyber Bullying!

    INTERNET sudah menjadi pisau bermata bagi manusia. Satu sisi mendatangkan manfaat, sisi lainnya justru mendatangkan masalah. Salah satu efek negatifdari internet adalah fenomena Cyberbullying. Istilah ini bisa jadi masih asing di telinga kita. Namun jangan salah, keseharian kita dalam mengakses internet mungkin kerap diwarnai tindakan ini.

    Contoh sederhananya begini, apakah kamu pernah iseng mengungggah foto atau video teman kita dengan maksud  untuk lucu-lucuan tanpa izin dengan yang bersangkutan. Atau memberikan komentar yang sinis dengan tujuan becandaan di dunia maya? Bila kamu pernah melakukannya, benar apalah yang dikatakan para ahli bahwa Cyberbulyling sudah menjadi fenomena yang lazim di dunia maya, meski pengguna internet itu sadari.


    Penting untuk kita sadari, terkadang tanpa kita sadari, aktivitas lucu-lucuan itu akan menyinggung dan menyakiti hatinya. Sebab itu, sebelum kamu menekan tombol enter, sebaiknya kamu berpikir dahulu apakah perbuatan tersebut akan berdampak buruk pada orang utyang berkaitan atau tidak.

    Hukum alam mengatakan pada kita untuk menjaga perilaku, menghargai, dan menghormati setiap orang. Bila mau  dihargai sebaiknya kamu hargai dulu orang lain dan bila kamu mau dihormati hruslah kamu menghormati orang lain terlebih dahulu. Ada tepatnya nasehat ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita tak terkecuali di dunia maya.

Tidak ada komentar: